Kamis, 22 November 2018

TUGAS 2 (KELOMPOK )


Tahap – tahap korporasi perkembangan transnasional

1.      PENGERTIAN  PEMASARAN  GLOBAL / TRANSNASIONAL
Pemasaran  global  adalah   proses   menfokuskan    sumber    daya   (manusia,  uang , asset  fisik) dan  tujuan-tujuan   dari   suatu   organisasi   untuk   memperoleh   kesempatan  dan menanggapi   ancaman   pasar   global. 
Pasar   demikian   biasanya    tercipta   karena  adanya konsumen   yang   lebih  menyukai  produk  standar , harga   murah, dan   karena  adanya perusahaan   global    yang  memanfaatkan   jaringan   operasi    dunia    mereka   untuk  bersaing dipasar-pasar global.
Pengertian   transnasional   adalah   perusahaan    yang    memproduksi   barang    atau   jasa    dilebih  dari   satu    Negara.   Perusahaan   sepert  iini  biasa   berupa   perusahaan   kecil  yang memiliki   satu    atau    dua   pabrik  dinegara  lain, atau   juga    perusahaan-perusahaan   raksasa yang    beroprasi   diseantero    planet    ini . Beberapa   contoh   TNCs adalah   coca-cola, general   Motors, Coltgate    Palmolive, Kodak    dan Mitsubishi.   Kalaupun   TNCs   memiliki basis   nasional, mereka   berorientasi   pada   pasar   global   dan    keuntungan    global. 

Perusahaan   transnasional   adalah    jantung    perekonomian   global. Dua   per  tiga perdagangan    berasal   dari    perusahaan-perusahaan    semacam  ini.   TNCs   juga  berjasa dalam   perannya  global    menyebarkan    tegnologi   baru   diseantero   dunia  . dan merupakan   pelaku    utama    dalam    pasar   uang    internasional. Lebih    dari   400 TNCs memiliki    penghasilan    tahunan    lebih   dari 10    miliar    dolar    tahun    1996.   Pada   tahun yang    sama, hanya   70    negara    yang    produk    nasional    brutonya   sama   dengan   jumlah itu. Dengan    kata lain, penghasilan    perusahaan   transnasional   lebih   besar   dari  pada penghasilan   Negara-negara   didunia. 

    
B. Dampak dari Perusahaan Transnasional
1.         Perdagangan   dunia   dikuasai  oleh   Negara-negara   maju, dengan   cara   membuka   akses  pasar seluas-luasnya    bagi    produk-produk    mereka, karena   mereka  memiliki    produk-produk  yang   lebih    berkualitas   dibanding    Negara-negara  Berkembang   dan   Miskin.Sementara Negara-negara  Berkembang  dan   Miskin  diminta  melakukan   liberalisasi   pasar dan menghentikan    subsidi, semetara Negara-negara   Maju   terus   memberi   subsidi   domestic dan   menerapkan   kebijakan   protektif   terhadap     pasar  mereka.
2.             Melemahnya    Semangat    Kebangsaan.   Tidak      dapat     dimungkiri jika terlalu   banyaknya    produk   dari   TNCs   yang   masuk    ke    Indonesia    akan mengakibatkan    rasa    kebangsaan    masyarakat   kita    menjadi  menurun . Mereka  akan memilih    produk  -produk   dari   luar   negeri   yang   lebih   ekonomis   dan berkualitas.
3.            Negara    Miskin   Makin Miskin. Selain   semangat    kebangsaan   m elemah, ekonomi negarapun    juga    ikut    melemah, akibat   adanya    investasi   asing (TNCs). Meskipun  hal itu   sebenarnya    ditujukan    sebagai   penggerak   pertumbuhan    perekonomian   Negara negara    Berkembang    dan    Miskin    memberikan    kontribusi    yang    lebih    baik    ke   dalam    proses  pembangunan. Namun    kenyataanya   tak sama, malah   sebaliknya. Sekitar  2,8   miliar   dari    6 miliar   penduduk    dunia    masih   berada    di bawah   garis kemiskinan   dua    dolar AS. Prosentase    kesenjangan    pendapatan   dunia antara Negara    Maju    dan    Negara    Berkembang    juga   makin   lebar. Tahun  1960, GDP   per kapita  20    Negara    terkaya  18   kali    lebih   tinggi    dari 20  Negara termiskin. Angka   ini    menjadi   lebih   buruk    pada    1995    yakni   kesenjangan mencapai   37   kali   lipat    antara Negara   Kaya   dan   Negara  Miskin. 
C. Perkembangan   Perusahaan   Transnational
Di antara berbagai   faktor   ekonomi   yang mendorong globalisasi, peran perusahaan-perusahaan   transnasional   (Transnational   Corporation/TNCs) merupakan  faktor  yang paling penting.

Transnasional   adalah   perusahaan   yang   memproduksi   barang   atau   jasa  di  lebih   dari satu    negara. Perusahaan  seperti   ini   dapat   berupa   perusahaan   kecil   yang   memiliki satu   atau   dua    pabrik   di   negara  lain, atau  juga  perusahaan-perusahaan  raksasa   yang beroperasi  di   seantero  planet  ini.
v  Beberapa    contoh    perusahaan-perusahaan   transnasional   (TNCs)   adalah :
1.   Coca-Cola.
2.   KFC.
3.   General Motors.
4.   Colgate-Palmolive.
5.   Kodak, dan.
6.   Mitsubishi.
Kalaupun    TNCs    memiliki    basis  nasional, mereka   beriorientasi   pada    pasar  global  dan   keuntungan   global.Pada   waktu    yang  sama, hanya  70   negara  yang  produk   nasional   brutonya   sama dengan   jumlah itu. Dengan   kata lain, penghasilan perusahaan transnasional  lebih  besar daripada   penghasilan   negara-negara  di dunia

2.      Pemasaran
Dasar  dari   program  pemasaran   global   adalah   pemahaman  yang mendalam akan disiplin pemasaran.
Pemasaran adalah proses  mengkonsentrasikan  berbagai   sumber   daya   dan   sasaran  dari   sebuah    organisasi   pada   kesempatan  dan  kebutuhan   lingkungan.
v    Konsep   Pemasaran
v  Konsep   baru   pemasaran   dan   Empat ”P”  . Product , Price , Place , and   Promotion.

v  Konsep  Strategis   Pemasaran
Konsep  strategis  pemasaran  merupakan  suatu  perkembangan   yang   besar   dalam sejarah  pemikiran  pemasaran, mengubah  focus  pemasaran  dari   pelanggan   atau   produk    ke pelanggan   dalam   konteks   lingkungan   eksternal  yang lebih luas
Ø  Tahap-Tahap dari Pemasaran Domestik Ke Pemasaran Global/Transnasional
1.      Pemasaran  Domestik
Pemasaran   yang   secara nyata   ditunjukkan    pada   pasar   dalam    negeri  disebut pemasaran    domestik. Orientasi   mereka   adalah   bersifat “ETHNO  CENTRIC”, yaitu bahwa    sifat   pasar   atau    Konsumen   dimanapun   akan   sama , sehingga  manajemen memandang   pasar   Domestik   padat    dengan    peluang   yang   jauh   lebih   aman.
2.      Pemasaran  Ekspor
Adalah   tahap   pertama   untuk    menanggapi    kesempatan   pasar   di luar negeri. Pemasar    ekspor    menjadikan   pasar    di   luar   negeri   sebagai    sasaran dan menggantungkan    diri    pada   produksi   dalan   negeri   untuk   memasok pasar ini. Fokus    dalam   tahap   ini adalah  manfaat   produk    dan    pengalaman   dalam  negeri.
3.       Pemasaran Internasional
Bertindak  lebih   jauh   lagi   dari   pemasara   ekspor   dan   menjadi   lebih   terlibat  dalam lingkungan    pemasaran   dalam   negara tempat   perusahaan   tadi    melakukan  bisnis.

4.         Pemasaran Multinasional
Organisai    pemasaran    internasional    mulai    dengan    menfokuskan    pada   memanfaatkan  pengalaman    dan    produk   perusahaan.
5.      pemasaran Global / Transnasional
Menfokuskan   pada   pemanfaatan   asset, pengalaman   dan   produk   perusahaan  secara global   dan   pada   melakukan   penyesuaian   pada   apa   yang   benar-benar   unik  dan berbeda   dalam    setiap    negara. Konsep   ini   mengakui   budaya   universal   dan   perbedaan   pasar   yang   unik
3.      STRATEGI MEMASUKI  PASAR GLOBAL
A.          Melakukan  Ekspor-Impor
B.           Membuka  kantor   perwakilan  atau  cabang
Pembentukan   sebuah  anak   perusahaan   yang    dimiliki    sepenuhnya   disebut   sebagai Greenfield    Venture    atau   usaha   ladang-hijau. Tindakan  ini   merupakan   sebuah   proses yang    kompleks   dan    berpotensi   akan   memakan  biaya   besar, tetapi   strategi   ini memiliki   keunggulan    karena   memiliki    control    maksimum   kepada   perusahaan   sehingga    jika    berhasil   berpotensi   memberikan   laba    di    atas   rata-rata. .
C.      Mengeluarkan   lisensi   asing/kontrak    manufaktur    dan   alih   teknologi.
Perusahaan    pemberi   Lisensi    (Licensor)    membuat   persetujuan    dengan   menerima Lisensi (Licensee)    bahwa    Licensee    memperoleh    Hak    untuk  menggunakan  Proses / Teknologi   Produksi, Merk   Dagang,
Paten dsb,  dengan   membayar   Fee / Royalty kepada   Licensor . Licensor   dalam    hal   ini   memperoleh  manfaat ,  yaitu dapat   memasuki  pasar  Asing  dengan    Risiko   Rendah.  Contoh : DISNEYLAND    mengeluarkan   Lisensi   untuk    memproduksi   dan    memasarkan   produknya :  - Donald Bebek, Mickey mouse, dll.

D.     Melakukan  Franchising
Yaitu   bentuk   kerjasama   tertulis    antara   pihak   Franchisor   dan    Franchise   diberi   hak untuk   mendistribusikan   Produk   atau    Jasa   tertentu    dalam  periode   dan   Wilayah  tertentu   serta   cara-cara   yang    ditentukan    oleh   Franchisor. Contoh :  MC. Donald, KFC. Dll.
E.         Membuka Usaha Patungan atau Joint Venture
Investor   luar   negeri   dapat   bergabung   investor   lkal   untuk   membentuk  usaha patungan   dimana   mereka   membagi    kepemilikan   dan   control. Perusahaan  luar neheri mungkin   kekurangan    sumber   daya    finansial   atau   manajerial   atau  manajerial  untuk menjalankan  usahanya.
Keuntungan   akuisisi   diantaranya   adalah :
v   akuisisi   dapat   menyediakan   akses  cepat   ke   sebuah   pasar  yang  baru
v    akuisisi dapat memberikan jalan untuk ekspansi internasional
sedangkan   kelemahan  dari  akuisisi  adalah :
v  pendanaan  yang  mahal  sehingga  seringkali   diperlukan   pendanaan   melalui  utang.
v  negosiasi   internasional   untuk   akuisisi  dapat   menjadi   kompleks  karena dihadapkan    pada    syarat-syarat    hukum   dan   perundang- undangan   di   negara  tuan rumah  dan   perusahaan  sasaran   dan  mendapatkan   informasi yang tepat untuk menegosiasikan perjanjian.



6.         FAKTO  PENDORONG  DAN   PENGHAMBAT   BISNIS  GLOBAL
A.    Kekuatan  Yang  Mendorong
   Kebutuhan  Pasar
Budaya  universal   seperti   perbedaan   budaya   terdapat   unsur  yang   sama   dalam  sifat manusia    yang    menjadi    dasar    untuk    menciptakan   dan   melayani  pasar   global.
Contoh  : minuman   ringan, salah satu   industri   global   yang   terbesar   yang  sukses
Ø  Teknologi
Professor   Levitt   menulis    artikel ” kenyataan    komersial    yang   baru   munculnya   pasar global    untuk    produk   konsumen   standar   dalam   skala   yang  belum  pernah dibayangkan ”. Ada    kekuatan    yang    amat    besar  yang   mendorong   dunia   ke arah menyatunya  hal-hal   yang   sudah   umum  dan   kekuatan   itu   adalah   Teknologi. Teknologi    menyederhanakan    komunikasi, transpotasi   dan  perjalanan
Ø  Biaya
Keseragaman  dapat    menurunkan   biaya   riset, rekayasa, desain, kreatif   dan   produksi  di semua   fungsi   bisni , dari    rekayasa   sampai   pemasaran   dan  administrasi.
Ø  Mutu
Volume   global  menghasilkan  penerimaan  dan   mutu   operasi  yang  lebih  besar  untuk mendukung   mutu   desai   dan   pembuatan.
Ø  Komunikasi   dan   Transportasi
Revolusi   informasi   memberikan kontribusi pada berkembangnya pemasaran global.
Ø  Daya  Tuas
Keunggulan   yang   dimilikinya   karena   perusahaan    itu     beroperasi    secara simultan  dilebih   dari  satu   pasar   nasinal. Sebuah    perusahaan    global    dapat    mengembangkan 5 tipe daya tuas :
v  Transfer   pengalaman
v  Transfer  sistem
v   Penghematan  skala
v   Pendayagunaan   Sumber  daya
v  Strategi   global

B.      Kekuatan   Yang    Menghambat
v   Perbedaan  Pasar
Dalam  setiap  kategori  produk, perbedaan  masih  cukup  banyak   diantara   batas   negara dan  budaya   budaya   yang   memerlukan  adaptasi   dari  beberapa  unsur  bauran pemasaran.
v    Sejarah
Sejarah merek dagang mungkin memerlukan strategi pemasaran khusus dan berbeda, serta di setiap negara perlu penentuan posisi tersendiri.
v   Kecadokan Manajemen
Dalam  banyak  hal, produk   dan   kategori   merupakan   calon  untuk   globalisasi, tetapi manajement    tidak    menangkap   kesempatan tsb.
v  Budaya   Organisasi
Perusahaan  global  yang   sukses   adalah    pemasar   yang    telah    belajar   cara memadukan  visi   global   dan    perspektif   dengan    insiatif   dan    masukan   pasar   lokal. Hal   ini   sulit    dilakukan   oleh   perusahaan.
v  Kendali   Nasional/ Hambatan   untuk   masuk   suatu  Negara
Setiap    negara    melindungi    perusahaan    local    dan    kepentingannya   dengan memegang    kendali    terhadap    akses    pasar    dan    jalan   masuknya.
5.      PERDAGANGAN   LUAR   NEGERI
Pengertian   perdagangan  internasional   merupakan    hubungan   kegiatan   ekonomi  antarnegara   yang    diwujudkan    dengan   adanya   proses   pertukaran barang atau jasa atas  dasar   suka   rela   dan   saling   menguntungkan.
Perdagangan   Internasional   dapat   juga   diartikan   perdagangan   yang   dilakukan oleh penduduk    suatu    negara   dengan    penduduk    negara    lain   atas   dasar   kesepakatan bersama.
Manfaat   perdagangan   internasional
Efisiensi
Melalui perdagangan  internasional, setiap   negara tidak   perlu  memproduksi  semua kebutuhannya,  tetapi   cukup    hanya   memproduksi    apa   yang    bisa   diproduksinya  dengan   cara   yang    paling   efisien    dibandingkan   dengan    negara-negara lain. Dengan demikian , akan tercipta efisiensi dalam   pengalokasian  sumber   daya  ekonomi dunia.
a.       Perluasan  konsumsi   dan    produksi
Perdagangan   internasional   juga    memungkinkan   konsumsi   yang   lebih   luas  bagi  penduduk   suatu   negara.
b.      Peningkatan   produktifitas
Negara-negara   yang   berspesialisasi dalam   memproduksi   barang  tertentu   akan   berusaha   meningkatkan   produktivitasnya. Dengan   demikian   mereka   akan   tetap  unggul dari   negara lain dalam   memproduksi  barang tersebut.
c.       Sumber   penerimaan Negara
Dalam  perdagangan  internasional  juga   bisa   menjadi   sumber   pemasukan   kas negara dari   pajak-pajak  ekspor   dan  impor.
Kebijakan   Perdagangan   Internasional
Kebijakan   perdagangan  internasional  setiap  negara   berbeda  dengan   negara lain.
 Ada negara yang memilih  menjalankan   kebijakan   perdagangan   bebas  (free  trade), ada yang memilih  menjalankan   kebijakan   perdagangan   proteksionis, dan   ada   pula   yang memilih   gabungan keduanya.
·         Perdagangan Bebas
  keadaan  ketika pertukaran  barang/jasa antarnegara  berlangsung   dengan   sedikit   ataupun   tanpa   rintangan.
Menurut   aliran   fisiokratis  dan  aliran  liberal  (klasik), liberalisasi   perdagangan  dapat memacu  kinerja  ekspor   dan   pertumbuhan   ekonomi    karena    beberapa   alasan  berikut.
- Perdagangan   Bebas   cenderung    memacu   persaingan, sehingga   menyempurnakan skala   ekonomis   dan    alokasi   sumber   daya
-   Perdagangan  bebas  mendorong  peningkatan  efisiensi, perbaikan   mutu produk, dan perbaik kemajuan teknologi sehingga memacu    produktivitas    faktor   produksi.
-    Perdagangan   bebas   merangsang   pertumbuhan   ekonomi    secara   keseluruhan  serta    memupuk   tingkat   laba,  tabungan,  dan  investasi.
-      Perdagangan   bebas    akan   lebih   mudah   menarik   modal    asing    dan   tenaga ahli, laba, tabungan, dan  investasi.
-     Perdagangan   bebas  memungkinkan   konsumen    menghadapi    ruang   lingkup pilihan   yang   lebih   luas   atas   barang-barang   yang  tersedia
·   
      Perdagangan   Proteksionis
Salah   satu    tujuan    kebijakan    perdagangan    proteksionis  adalah    untuk  meningkatkan daya   saing   produk   diluar   negeri. Menurut   pengatur   kebijakan proteksionis, nilai  tukar   (terms of trade)  barang   manufaktur,   yaitu   ekspor  utama negara-negara   maju.
 sering   dinilai    lebih   tinggi    dari    nilai   tukar  barang primer, yaitu   ekspor   utama   negara-negara   berkembang. Itulah    yang  menjadi   alasan   utama timbulnya   kebijakan   perdagangan   proteksionis.
Dalam kenyataannya, terdapat   beberapa   alat kebijakan   perdagangan   proteksionis   yang    digunakan   oleh   hampir    semua   negara.  Beberapa   diantaranya   adalah  tarif  atau bea   masuk,  kuota,  subsidi,  dan   larangan impor.
·            Tarif   atau  Bea  Masuk
Tarif  atau  bea   masuk  adalah    pajak    yang   dikenakan     terhadap   barang   yang diperdagangkan    baik   barang    impor   maupun  ekspor
·      Kuota
Kuota  adalah   batas   maksimum   jumlah   barang   tertentu   yang   bisa    diimpor dalam   periode   tertentu, biasanya   satu tahun.
·         Subsidi
Subsidi terhadap  biaya produks  barang  domestik   akan    menurunkan  harga, sehingga  produksi  domestic  dapat  bersaing   dengan   barang   impor   dan   akan mendorong    konsumen   membelinya.
4    Larangan  Impor
Karena   alasan-alasan tertentu, baik  yang   bersifat   ekonomi  maupun   politik, suatu negara   tidak   menghendaki   impor   barang  tertentu


c.   Dampak   Positif   Perdagangan  Internasional
1.      Meningkatkan  Kesejahteraan
2.      Mempercepat  Pembangunan
3.      Meningkatkan   sumber  daya   manusia
4.      Alih   Teknologi
   

 DAFTAR  PUSTAKA
Referensi :
  1. Marbun. 2009. Membuat   Perjanjian  yang  Aman   dan   Sesuai  Hukum. Puspa Swara. Jakarta,
  2. Neni  Sri  Imaniyati. 2009. Hukum  bisnis : Telaah tentang Pelaku dan Kegiatan Ekonomi. Graha ILmu. Yogyakarta,
  3. Rahayu  Hartini. 2009. Penyelesaian  Sengketa   Kepailitan  di  Indonesia. Kencana. Jakarta.
  4. http://artonang.blogspot.co.id/2015/12/perusahaan.html
Sumber  lain   :
http://putripanunggal.blogspot.com/2014/01/makalah-pemasaran-global.html



Tidak ada komentar:

Posting Komentar