Nama :
Bella asha sandirel
Npm : 11215320
Genap
SEGMENTASI PASAR
GLOBAL
A Pengertian Pemasaran Global
Pemasaran global adalah proses menfokuskan sumber daya (manusia, uang, aset fisik) dan tujuan-tujuan dari suatu organisasi
untuk memperoleh kesempatan dan menanggapi ancaman pasar global.
Pemasaran global didasarkan
pada orientasi
geosentris dan berfokus
pada pemanfaatan aset, pengalaman, dan produk
perusahaan secara
global serta pada melakukan adaptasi
terhadap apa yang
benar-benar unik dan
berbeda dalam setiap
negara. Konsep ini mengakui
budaya universal
dan perbedaan pasar yang
unik. Keputusan untuk masuk pasar di luar negeri tergantung pada sumber daya perusahaan serta sifat peluang dan ancaman
yang dihadapi. Misalnya , Coke dan IBM berkecimpung di lebih dari 100 negara
karena mereka telah memulai ekspansi internasionalnya lebih dari 50 tahun yang lalu dan juga memiliki sumber
daya untuk berkembang yang bisa dimanfaatkan
bila ada peluang.
B Konsep
Pemasaran Global
Pemasaran
global
adalah pemasaran
berkala
seluas
dunia.
Peluang pasar selalu terbuka bagi semua pelaku
usaha,
tak terkecuali di pasar ekspor.
Yang penting mesti kreatif
dan
mau berinovasi
dalam
mengembangkan
pasar .Pelaku
bisnis
yang tangguh tentu tak mudah
ditenggelamkan oleh
setiap
perubahan
tantangan bisnis meski tantangan yang datang
semakin berat.
Bagi para pebisnis sejati, kesulitan
justru
menjadi cambuk
yang
melecut semangat
untuk
memecahkannya sehingga usaha dapat
semakin berkembang dan maju. Karakter semacam itu tampaknya
juga melekat pada sederet
pengelola perusahaan di Indonesia yang juga terlihat dari
kinerja perusahaan yang
dikelola yang hasilnya memang super.
1. Kebutuhan, keinginan , dan permintaan.
Ada perbedaan antara kebutuhan , keinginan dan permintaan.
Kebutuhan manusia adalah keadaan dimana manusia merasa tidak memiliki kepuasan
dasar. Kebutuhan tidak diciptakan oleh masyarakat atau pemasar, namun
sudah ada dan
terukir dalam hayati kondisi
manusia. Keinginan adalah
hasrat akan pemuas
tertentu
dari kebutuhan
tersebut. Keinginan manusia
dibentuk oleh kekuatan dan institusi
sosial.
Sedangkan Permintaan
adalah keinginan
akan sesuatu
yang didukung dengan kemampuan serta kesediaan membelinya. Keinginan menjadi permintaan
bila didukung dengan daya beli.
Perbedaan ini bisa
menjelaskan bahwa pemasar tidak menciptakan kebutuhan. .
2. Produk.
Produk adalah sesuatu yang dapat ditawarkan
untuk memenuhi
kebutuhan atau keinginan pelanggan. Pentingnya suatu produk fisik bukan terletak pada kepelikannya tetapi pada jasa yang dapat diberikannya
Oleh karena itu dalam membuat
produk harus
memperhatikan produk fisik dan jasa yang diberikan
produk tersebut.
3. Nilai, Biaya dan Kepuasan.
Nilai, Biaya dan Kepuasan
Nilai adalah perkiraan pelanggan tentang kemampuan total suatu produk untuk memenuhi kebutuhannya
Setiap produk memiliki kemampuan
berbeda untuk memenuhi kebutuhan
tersebut, tetapi pelanggan akan
memilih produk mana yang akan
member
kepuasan total paling
tinggi.
Nilai setiap produk sebenarnya
tergantung dari seberapa jauh produk tersebut dapat
mendekati produk
ideal, dalam ini termasuk
harga.
4. Pertukaran, Transaksi dan Hubungan.
Pertukaran, Transaksi dan Hubungan Kebutuhan
dan keinginan
manusia serta nilai
suatu produk bagi manusia tidak cukup untuk
menjelaskan pemasaran. Pemasaran timbul saat orang memutuskan
untuk memenuhi
kebutuhan serta
keinginannya dengan pertukaran. Pertukaran adalah salah satu cara mendapatkan suatu produk yang diinginkan dari seseorang
dengan menawarkan sesuatu sebagai gantinya. Pertukaran merupakan
proses dan bukan kejadian
sesaat. Masing-masing pihak disebut berada dalam suatu pertukaran bila mereka berunding dan mengarah pada suatu persetujuan. Jika persetujuan
tercapai maka disebut transaksi. Transaksi merupakan
pertukaran nilai antara dua pihak.
Untuk kelancaran
dari transaksi, maka hubungan yang baik dan saling
percaya antara pelanggan,
distributor, penyalur dan pemasok akan membangun
suatu ikan ekonomi,
teknis clan social yang kuat dengan mitranya. Sehingga transaksi tidak perlu dinegosiasikan
setiap kali, tetapi sudah menjadi
hal yang rutin.
Hal ini dapat dicapai dengan menjanjikan serta menyerahkan mutu produk, pelayanan dan harga yang wajar secara kesinambungan.
5. Pasar.
Pasar terdiri
dari semua pelanggan
potensial yang memiliki kebutuhan atau keinginan
tertentu serta mau dan
mampu turut dalam pertukaran
untuk memenuhi kebutuhan atau keinginan itu. Istilah
pasar untuk menunjukan
pada
sejumlah pembeli dan penjual melakukan transaksi pada suatu
produk.
6. Pemasaran dan Pemasar.
Pemasaran dan Pemasar Pemasaran adalah
keinginan manusia dalam hubungannya dengan pasar,
pemasaran maksudnya bekerja
dengan pasar untuk mewujudkan transaksi yang mungkin terjadi
dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan manusia. Pemasaran adalah
orang yang mencari sumber daya dari
orang lain dan mau menawarkan
sesuatu yang bernilai untuk itu. Kalau satu pihak lebih aktif
mencari pertukaran daripada
pihak lain, maka pihak pertama
adalah
pemasar dan pihak kedua adalah
calon pembeli.
C Segmentasi Pasar Global
Segmentasi Pasar adalah membagi
sebuah pasar
ke dalam k elompok-kelompok pembeli
yang berbeda yang mungkin menghendaki
bauran produk
atau pemasar yang terpisah.
Segmentasi pasar global
didefinisikan sebagai
proses mengidentifikasi kelompok atau kumpulan pelanggan
potensial pada tingkat
nasional maupun
sub nasional yang kianya mempunyai
persamaan tingkah
laku dalam membeli.
Segmentasi
Pasar Global.
Sekarang ini
, para agen periklanan & perusahaan
global cenderung
mensegmentasikan pasar dunia berdasarkan
pada beberapa
kriteria kunci :
- Demografis
Didasarkan pada karakteristik
populasi yang dapat diukur dari seperti
umur, jenis kelamin, pendapatan, pendidikan & pekerjaan.
-
Psikografis
Proses pengelompokan
orang dalam arti sikap,
nilai-nilai yang dianut,
dan gaya hidup à idealis,
materialis, tradisional.
Karakteristik
tingkah
laku & manfaat
yang dicari.
Tingkah laku
: memfokuskan pada apakah
orang akan membeli
&
menggunakan suatu produk atau tidak, disamping seberapa
sering & berapa banyak yang dipakainya.
Konsumen dapat dikategorikan
menurut tingkat
penggunaan , mis : pengguna berat
, sedang, ringan, bukan pengguna. Atau menurut status pengguna, mis : pengguna potensial, bukan pengguna, mantan pengguna , pengguna regular, pengguna pertama kali, dan pengguna
produk pesaing.
1. Pemasaran Massal (Mass
Marketing)
penjual memproduksi,
mendistribusikan, dan mempromosikan secara missal
sebuah produk kepada
seluruh pembeli. Pemasar tersebut menciptakan
pasar potensial terbesar, biaya paling
rendah, harga lebih rendah atau
margin yang lebih tinggi.
2. Pemasaran Segme
perusahaan
menyadari bahwa pembeli berbeda dalam kebutuhan,
persepsi, dan perilaku pembelian. Perusahaan mengisolasi segmen yang lebar
yang membentuk suatu pasar dan mengadaptasi apa yang ditawarkannya
agar lebih mendekati kebutuhan
satu atau beberapa segmen.
3. Pemasaran Ceruk : berfokus pada subgrup di dalam
segmen-segmen diatas. Suatu ceruk adalah suatu grup yang didefinisikan dengan lebih
sempit, biasanya diidentifikasi dengan memilah suatu segmen menjadi beberapa subsegmen.
4. Pemasaran Mikro: Praktik penyesuaian
produk dan program pemasar agak cocok
dengan cita rasa
individu atau lokasi tertentu.
Mengelola Kegiatan Internasional
Dalam melakukan
aktivitas pemasaran internasional terdapat dalam tiga
cara:
1.
Departemen
Ekspor
Perusahaan terjun ke pemasaran internasional hanya melalui
pengiriman barang. Jika penjualan internasionalnya berkembang, perusahaan membentuk departemen ekspor yang terdiri dari seorang manajer penjualan dan beberapa
orang asisten.
Bila penjualan meningkat
departemen ekspor
diperluas menjadi sub-sub departemen.
2. Divisi Internasional
Divisi internasional diorganisasikan dengan berbagai cara. Staf
divisi internasional perusahaan terdiri
dari para spesialis dalam pemasaran,
manufaktur, riset, keuangan, perencanaan, dan sumber daya manusia,
mereka merencanakan serta menyediakan pelayanan bagi berbagai unit operasi .
3.
Organisasi
Global
Dalam organisasi global, manajemen puncak dan staf
perusahaan merencanakan fasilitas manufaktur, kebijakan pemasaran, arus finansial, dan sistem logistik di seluruh dunia.
Unit-unit operasi global melapor langsung kepada kepala eksekutif atau komisi eksekutif yang dilatih
untuk berpikir dengan membentuk wawasan secara global.
E Mengamati Lingkungan
Pemasaran Global
Sebelum memutuskan apakah akan beroperasi secara internasional,
perusahaan harus memahami lingkungan pemasaran internasional.
Lingkungan ini telah banyak
berubah dalam dua dekade terakhir,
menciptakan peluang baru dan
masalah baru.
A. Sistem Perdagangan Internasional
B. Zona perdagangan bebas regional
C. Lingkungan ekonomi
D. Lingkungan politik -hukum
Imbal dagang : perdagangan internasional
yang melibatkan pertukaran barang secara
langsung maupun
tidak langsung untuk barang lain
sebagai
ganti uang tunai.
F Memutuskan Apakah
Akan Memasuki
Pasar Global
Tidak semua perusahaan
harus bergabung ke pasar
internasional agar tetap hidup. Misalnya, sebagian besar bisnis
lokal hanya perlu memasarkan dengan baik di pasar lokal. Beroperasi secara domestic lebih
mudah dan aman.
G Memutuskan Pasar Mana yang Akan Dimasuki
Sebelum memasuki pasar global,
perusahaan harus berusaha
mendefinisikan tujuan dan kebijakan
pemasaran internasionalnya.
Perusahaan harus memutuskan volume penjualan
asing yang mereka
inginkan. Sebagian besar perusahaan adalah perusahaan kecil ketika mereka mulai memasuki
pasar global.
H Memutuskan Cara Memasuki
Pasar
Setelah perusahaan
memutuskan untuk menjual produknya
di pasar luar negeri, perusahaan harus menentukan
cara masuk terbaik. Pilihannya adalah mengekspor, joint venture, dan investasi langsung.
Beberapa pilihan
yang ditawarkan masing-masing pintu masuk tersebut.
Masing-masing strategi sukses melibatkan lebih banyak
komitmen dan risiko, tetapi juga kendali dan potensi
laba yang lebih
besar.
Mengekspor
Mengekspor adalah memasuki pasar asing dengan menjual barang yang dihasilkan di negara asal perusahaan, sering kali dengan sedikit modifikasi.
Joint Venture
Joint venture adalah memasuki pasar asing dengan
bergabung bersama perusahaan asing untuk menghasilkan atau memasarkan produk atau
jasa
Pemberian Lisensi
Pemberian lisensi adalah metode memasuki pasar
asing di mana perusahaan menjalin suatu kesempatan dengan pembeli lisensi di pasar asing.
Kontrak Manufaktur
Kontrak manufaktur
adalah sebuah joint venture dimana perusahaan mengadakan kontrak dengan pihak manufaktir
di pasar asing untuk memproduksi
produk atau menyediakan
jasanya
Kontrak Manajemen
Kontrak manajemen
adalah sebuah joint venture
dimana
perusahaan domestic
memasok pengetahuan manajemen kepada perusahaan
asing yang memberi modal.
Kepemilikan Bersama
Kepemilikan bersama
adalah
sebuah joint venture
dimana perusahaan bergabung dengan
investor di pasar
asing untuk menciptakan bisnis lokal di
mana perusahaan berbagi kepemilikan dan kendali
bersama.
Investasi Langsung
Investasi langsung adalah memasuki pasar asing dengan mengembangkan fasilitas perakitan atau manufaktur berpusat di luar
negeri.
I Memutuskan Program Pemasaran Global
Bauran pemasaran terstandarisasi adalah strategi pemasaran internasional yang pada dasarnya menggunakan produk , iklan , saluran distribusi, dan elemen bauran
pemasaran lain yang sama dalam semua pasar
internasional perusahaan.
Bauran pemasaran
teradaptasi adalah strategi pemasaran
internasional untuk menyesuaikan elemen bauran pemasaran terhadap masing-masing pasar sasaran
internasional menanggung lebih banyak
biaya tetapi berharap mendapatkan pangsa pasar dan tingkat pengembalian yang lebih besar.
Perluasan produk
langsung adalah memasarkan
produk di pasar asing tanpa melakukan perubahan. Adaptasi produk adalah menyesuaikan produk untuk memenuhi kondisi atau keinginan local di pasar asing. Penemuan produk adalah menciptakan produk atau jasa
baru bagi pasar
asing.
Adaptasi komunikasi
adalah strategi komunikasi global dari pesan iklan yang
diadaptasikan secara penuh terhadap pasar lokal.
Beberapa perusahaan
menstandarkan iklan mereka di
seluruh dunia, dengan hanya menyesuaikan diri menurut perbedaan budaya.
Guy Laroche
menggunakan iklan yang sama di Eropa dan negara-negara
Arab, tetapi mengubah sensualitas dalam versi Arab si
pria mengenakan pakaian
dan si wanita hanya menyentuhnya
sedikit saja.
Pandangan seluruh saluran adalah merancang saluran internasional yang memperhitungkan semua hubungan
yang diperlukan dalam mendistribusikan produk penjual ke pembeli akhir, meliputi organisasi kantor pusat penjual,
saluran antar negara, dan saluran dalam Negara.
BAB
III
PENUTUP
A. KESIMPULAN
Pemasaran global adalah proses menfokuskan sumber daya
(manusia, uang, aset fisik) dan tujuan-tujuan dari suatu
organisasi untuk memperoleh
kesempatan dan menanggapi ancaman
pasar global.
Beberapa hal yang harus diperhatikan
dalam memasuki dunia pasar global
yaitu, memutuskan untuk berekspansi ke luar
negeri, memutuskan pasar mana yang
akan dimasuki (berapa banyak pasar yang akan dimasuki, dan bagaimana pasar
negara maju versus pasar negara berkembang), dan mengevaluasi pasar potensial.
Dalam ajang pemasaran
global
setidaknya ada empat isu sentral yang patut mendapatkan pusat perhatian serius dari pemasar, yaitu standarisasi
versus adaptasi, sensitivitas kultural, nasionalisme, dan mode of
entry (strategi memasuki pasar luar negeri).
Kebutuhan, keinginan, dan permintaan, produk, nilai, biaya dan
kepuasan, pertukaran,transaksi dan hubungan, pasar, pemasaran dan pemasar.
Segmentasi pasar global dibagi dalam beberapa segmen, yaitu pemasaran massal (mass
marketing), pemasaran segmen, pemasaran ceruk, dan pemasaran mikro.
DAFTAR PUSTAKA
Kotler,
Philip dan Kevin Lane Keller. Manajemen Pemasaran Edisi Tiga Belas. Jakarta: Erlangga.
2008.
Tjiptono,
Fandy dan Gregorius Chandra. Pemasaran Strategik Edisi 2.
Yogyakarta: Penerbit Andi. 2012
http://adiputra11111.blogspot.com/2011/12/makalah-konsep-pemasaran-global.html
Tugas ketiga
artikel
MENGENAL MANFAAT
LIDAH BUAYA, TIDAK HANYA UNTUK
KULIT SAJA
Lidah buaya atau Aloe
vera
sangat popular
sejak dulu karena dikenal memiliki banyak manfaat. Mulai dari untuk kesehatan
rambut, kulit hingga sistem pencernaan.
Lidah buaya merupakan
tanaman
yang tumbuh
didaerah beriklim tropis. Aloe barbadensis merupakan nama latin
dari lidah buaya.
Lidah buaya memiliki dua lapisan yaitu latex
yang merupakan lapisan berwarna kuning dibawah kulit dan gel yang
berada dibagian dalam.
Sebagai obat, lidah buaya dapat dikonsumsi dengan cara diminum.
Sebagai obat, lidah buaya dapat dikonsumsi dengan cara diminum.
Lidah buaya memiliki
kandungan nutrisi
dan senyawa bioaktif yang bermacam-macam.
Berikut adalah kandungannya:
Vitamin dan antioksidan: vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin B12, asam folat dan kolin
Enzim:
aliiase, alkalin fosfat, amilase, bradikinase, karboksipeptida, katalase,
selulase, lipase dan peroksidase. Bradikinase membantu meredakan
peradangan jika lidah buaya dioleskan pada kulit.
Mineral: kalsium, tembaga, selenium, kromium,
mangan, magnesium, kalium, natrium, dan zinc.
12
anthraquinones atau kandungan
yang dapat bekerja sebagai pencahar: aloin dan emodin. Kedua kandungan
tersebut juga dapat berperan
sebagai pereda nyeri, anti bakteri dan anti virus.
Asam lemak:
kolesterol, kampesterol, beta-sisosterol dan lupeol.
Keempat kandungan tersebut dapat bekerja sebagai antiradang dan lupeol
juga berfungsi sebagai antiseptic dan pereda nyeri.
Hormone: auxins dan gibberellins. Memperbaiki luka dan meredakan
radang adalah fungsi
dari kandungan hormone pada lidah
buaya.
Gula: monosakarida (glukosa dan fruktosa)
dan polisakarida. Kandungan gula pada lidah
buaya berperan sebagai anti-alergi dan pereda
radang.
Beberapa penelitian dilakukan untuk mengetahui manfaat yang terkandung dalam lidah buaya. Berikut beberapa manfaat yang sudah terbukti pada penelitian:
Beberapa penelitian dilakukan untuk mengetahui manfaat yang terkandung dalam lidah buaya. Berikut beberapa manfaat yang sudah terbukti pada penelitian:
A. Meredakan
Jerawat :
Penelitian menunjukkan bahwa mengoleskan gel lidah
buaya pada pagi
dan sore selain obat anti jerawat lebih efektif
membantu mengurangi jerawat sekitar 35% pada
anak-anak dan orang
dewasa daripada hanya menggunakan obat anti jerawat saja.
B. Meredakan
luka bakar atau luka sayatan :
Mengoleskan gel lidah buaya dapat memperpendek durasi penyembuhan luka untuk
luka bakar tingkat
pertama dan kedua.
Gel lidah buaya juga dapat mempercepat penyembuhan luka karena
jatuh atau sayatan.
C. Meredakan Psoriasis
:
Psoriasis merupakan gangguan pada kulit
yang menyebabkan
muncul ruang pada kulit, kulit bersisik, dan menebal. Mengoleskan krim yang
mengandung ekstrak lidah buaya dapat membantu meredakan kemerahan, mengurangi timbulnya sisik, gatal dan peradangan
yang disebabkan oleh psoriasis ringan hingga sedang. Penggunaan secara rutin dapat meningkatkan perbaikan kulit.
D. Mengatasi Konstipasi atau Sembelit :
Mengkonsumsi jus lidah
buaya dapat membantu meningkatkan kadar air di usus. Penelitian telah menunjukkan
hubungan antara
peningkatan kadar air usus dan
stimulasi gerakan peristaltic yang dapat membantu buang air
besar secara normal. Lidah buaya juga membantu menjaga
bakteri usus tetap normal dan
menjaga keseimbangan flora normal pada
usus
E. Meredakan
asam lambung
:
Mengkonsumsi jus lidah buaya dapat membantu meredakan sensasi dada terbakar
karena peningkatan
asam lambung. Kandungan yang terdapat
dalam lidah buaya membantu mengendalikan
asam lambung.
F. Menurunkan
Kadar Gula Darah :
Menurut sebuah penelitian menunjukkan bahwa lidah
buaya dapat membantu menurunkan kadar gula darah pada
penderita diabetes mellitus tipe 2. Namun penderita diabetes perlu hati-hati
karena konsumsi
jus lidah buaya dan obat
antidiabetes dapat menurunkan jumlah kadar gula sangat
banyak.
Apakah Lidah Buaya Aman
Digunakan?
Gel lidah buaya aman dioleskan pada kulit.
Dosis lidah buaya yang tepat
juga aman untuk dikonsumsi langsung. Bagian latek pada lidah buaya tidak aman jika
akan dikonsumsi langsung karena
kemungkinan berada dalam dosisi
yang tinggi.
Sumber:
Draxe. (2015, 24 Juni). Aloe Vera
benefits: Heal Skin, Constipation and Immune Sytem. Diperoleh 16 Oktober 2018
dari: https://draxe.com/aloe-vera-benefits/
Healthline.
(2016, 08 Juli). 9 Healthline Benefits of Drinking Aloe Vera Juice. Diperoleh16
Oktober 2018 dari: https://www.healthline.com/health/food-nutrition/aloe-vera-juice-benefits
Healthline. (2016, 06 September). 7
Amazing Uses for Aloe Vera. Diperoleh 16 Oktober 2018 dari: https://www.healthline.com/health/7-amazing-uses-aloe-vera
Tidak ada komentar:
Posting Komentar