Kamis, 22 November 2018

TUGAS 1 SOFTSKILL (GENAP )


       Nama : Bella asha sandirel
       Npm    : 11215320
       Genap


SEGMENTASI  PASAR  GLOBAL


A        Pengertian  Pemasaran  Global
Pemasaran  global  adalah   proses   menfokuskan  sumber   daya (manusia, uang, aset fisik) dan   tujuan-tujuan  dari  suatu   organisasi   untuk   memperoleh  kesempatan dan menanggapi   ancaman  pasar  global.
Pemasaran  global  didasarkan   pada   orientasi   geosentris  dan  berfokus  pada pemanfaatan   aset, pengalaman,  dan   produk   perusahaan   secara  global serta  pada melakukan  adaptasi   terhadap   apa   yang   benar-benar  unik   dan   berbeda  dalam  setiap negara. Konsep   ini    mengakui   budaya   universal   dan   perbedaan   pasar  yang  unik. Keputusan   untuk  masuk   pasar  di luar  negeri  tergantung   pada   sumber   daya   perusahaan serta   sifat    peluang   dan    ancaman   yang   dihadapi. Misalnya , Coke   dan  IBM berkecimpung   di   lebih   dari   100    negara karena    mereka   telah    memulai  ekspansi internasionalnya   lebih   dari   50   tahun   yang    lalu   dan    juga   memiliki   sumber   daya untuk   berkembang   yang    bisa   dimanfaatkan   bila   ada   peluang.   
B       Konsep   Pemasaran  Global
Pemasaran   global   adalah   pemasaran   berkala   seluas   dunia. Peluang   pasar   selalu terbuka   bagi   semua   pelaku   usaha, tak   terkecuali  di   pasar  ekspor. Yang   penting mesti kreatif   dan   mau   berinovasi   dalam   mengembangkan   pasar .Pelaku   bisnis   yang   tangguh tentu   tak   mudah   ditenggelamkan   oleh   setiap   perubahan   tantangan   bisnis  meski tantangan    yang   datang   semakin   berat.
Bagi  para   pebisnis  sejati, kesulitan   justru menjadi   cambuk   yang   melecut   semangat   untuk   memecahkannya  sehingga  usaha  dapat semakin    berkembang  dan   maju. Karakter  semacam  itu  tampaknya   juga  melekat  pada sederet   pengelola  perusahaan  di  Indonesia  yang   juga   terlihat  dari   kinerja  perusahaan yang   dikelola  yang   hasilnya  memang super.



1.         Kebutuhan, keinginan , dan  permintaan.
Ada  perbedaan   antara   kebutuhan , keinginan dan permintaan. Kebutuhan  manusia adalah   keadaan  dimana   manusia  merasa   tidak   memiliki   kepuasan   dasar. Kebutuhan tidak   diciptakan   oleh   masyarakat    atau   pemasar, namun   sudah   ada   dan   terukir dalam hayati    kondisi   manusia. Keinginan   adalah    hasrat   akan   pemuas  tertentu   dari  kebutuhan   tersebut. Keinginan   manusia   dibentuk   oleh   kekuatan  dan   institusi   sosial.
Sedangkan   Permintaan  adalah  keinginan   akan   sesuatu  yang  didukung   dengan kemampuan  serta kesediaan membelinya. Keinginan   menjadi   permintaan   bila  didukung dengan  daya  beli. Perbedaan   ini  bisa  menjelaskan bahwa   pemasar   tidak  menciptakan kebutuhan.  .
2.         Produk.
Produk  adalah  sesuatu  yang  dapat   ditawarkan   untuk   memenuhi   kebutuhan  atau   keinginan   pelanggan. Pentingnya   suatu   produk   fisik   bukan   terletak  pada kepelikannya  tetapi   pada   jasa   yang   dapat   diberikannya   Oleh  karena   itu   dalam membuat   produk   harus    memperhatikan   produk   fisik   dan   jasa   yang   diberikan   produk  tersebut.
3.         Nilai, Biaya dan Kepuasan.

Nilai, Biaya  dan  Kepuasan   Nilai   adalah   perkiraan   pelanggan  tentang kemampuan   total   suatu   produk   untuk    memenuhi   kebutuhannya   Setiap produk memiliki   kemampuan   berbeda   untuk   memenuhi   kebutuhan   tersebut, tetapi  pelanggan akan   memilih   produk    mana   yang   akan   member   kepuasan   total   paling   tinggi.
Nilai  setiap   produk   sebenarnya    tergantung   dari    seberapa   jauh   produk   tersebut dapat   mendekati   produk  ideal, dalam   ini   termasuk  harga.
4.         Pertukaran, Transaksi dan Hubungan.
Pertukaran, Transaksi dan   Hubungan   Kebutuhan   dan   keinginan   manusia  serta nilai   suatu  produk  bagi   manusia   tidak   cukup  untuk   menjelaskan pemasaran. Pemasaran   timbul   saat   orang  memutuskan   untuk   memenuhi   kebutuhan   serta keinginannya   dengan   pertukaran. Pertukaran   adalah   salah   satu   cara  mendapatkan suatu  produk   yang   diinginkan   dari   seseorang   dengan   menawarkan  sesuatu  sebagai gantinya. Pertukaran   merupakan   proses  dan   bukan   kejadian  sesaat. Masing-masing pihak   disebut   berada   dalam   suatu    pertukaran   bila   mereka   berunding  dan  mengarah   pada   suatu   persetujuan. Jika   persetujuan   tercapai   maka   disebut  transaksi. Transaksi   merupakan   pertukaran  nilai   antara   dua   pihak.
Untuk   kelancaran dari transaksi, maka   hubungan   yang   baik   dan   saling   percaya  antara  pelanggan, distributor, penyalur  dan   pemasok   akan   membangun  suatu  ikan   ekonomi, teknis clan social   yang   kuat  dengan   mitranya. Sehingga  transaksi  tidak  perlu  dinegosiasikan  setiap kali, tetapi  sudah   menjadi   hal   yang   rutin. Hal   ini   dapat   dicapai  dengan menjanjikan  serta   menyerahkan  mutu  produk, pelayanan  dan  harga  yang  wajar  secara   kesinambungan.
5.         Pasar.
  Pasar   terdiri   dari   semua   pelanggan   potensial   yang   memiliki  kebutuhan  atau keinginan   tertentu   serta   mau dan   mampu   turut   dalam   pertukaran   untuk  memenuhi kebutuhan   atau   keinginan   itu. Istilah   pasar   untuk  menunjukan  pada   sejumlah  pembeli  dan   penjual   melakukan   transaksi   pada   suatu   produk.
6.         Pemasaran dan Pemasar.
Pemasaran  dan   Pemasar  Pemasaran   adalah   keinginan  manusia  dalam hubungannya   dengan   pasar, pemasaran maksudnya   bekerja   dengan   pasar  untuk mewujudkan  transaksi  yang  mungkin  terjadi   dalam   memenuhi  kebutuhan  dan keinginan  manusia. Pemasaran   adalah   orang   yang   mencari  sumber   daya  dari  orang lain   dan   mau   menawarkan   sesuatu   yang   bernilai  untuk itu. Kalau  satu  pihak  lebih aktif   mencari  pertukaran  daripada   pihak  lain, maka  pihak   pertama  adalah   pemasar dan   pihak   kedua   adalah   calon pembeli.



C      Segmentasi Pasar Global

Segmentasi  Pasar   adalah   membagi   sebuah    pasar   ke   dalam k elompok-kelompok   pembeli   yang   berbeda   yang   mungkin   menghendaki   bauran   produk atau pemasar   yang  terpisah.
Segmentasi   pasar  global   didefinisikan  sebagai   proses   mengidentifikasi  kelompok atau  kumpulan  pelanggan   potensial   pada   tingkat   nasional   maupun  sub nasional  yang   kianya   mempunyai   persamaan   tingkah   laku   dalam   membeli.
Segmentasi  Pasar  Global.
Sekarang  ini , para  agen  periklanan  &  perusahaan  global  cenderung  mensegmentasikan pasar   dunia   berdasarkan   pada    beberapa   kriteria kunci :
-     Demografis
Didasarkan   pada   karakteristik   populasi   yang   dapat   diukur   dari   seperti   umur, jenis kelamin, pendapatan,  pendidikan   & pekerjaan.
-          Psikografis
Proses   pengelompokan   orang   dalam   arti   sikap, nilai-nilai   yang    dianut,   dan  gaya hidup  à  idealis, materialis, tradisional.
Karakteristik   tingkah   laku &  manfaat   yang  dicari.
Tingkah  laku : memfokuskan  pada   apakah   orang   akan   membeli   &   menggunakan suatu   produk   atau   tidak,  disamping   seberapa   sering   &   berapa   banyak   yang dipakainya.
Konsumen   dapat   dikategorikan   menurut   tingkat   penggunaan , mis : pengguna berat , sedang, ringan, bukan pengguna. Atau  menurut  status   pengguna, mis : pengguna potensial, bukan  pengguna, mantan  pengguna , pengguna  regular, pengguna pertama kali,  dan   pengguna   produk   pesaing.

1.      Pemasaran Massal (Mass Marketing)
penjual memproduksi, mendistribusikan, dan mempromosikan  secara  missal  sebuah  produk  kepada  seluruh  pembeli. Pemasar  tersebut  menciptakan   pasar   potensial  terbesar, biaya   paling  rendah, harga  lebih  rendah atau   margin  yang  lebih  tinggi.
2.      Pemasaran  Segme
 perusahaan   menyadari  bahwa   pembeli  berbeda  dalam  kebutuhan, persepsi, dan  perilaku   pembelian. Perusahaan  mengisolasi  segmen  yang  lebar  yang membentuk   suatu   pasar  dan   mengadaptasi  apa  yang   ditawarkannya  agar  lebih mendekati   kebutuhan   satu   atau   beberapa  segmen.
3.      Pemasaran  Ceruk : berfokus  pada   subgrup  di  dalam  segmen-segmen  diatas. Suatu ceruk   adalah   suatu   grup   yang   didefinisikan   dengan   lebih sempit, biasanya diidentifikasi   dengan   memilah  suatu   segmen   menjadi   beberapa  subsegmen.
4.      Pemasaran  Mikro: Praktik   penyesuaian   produk   dan   program  pemasar  agak   cocok dengan   cita  rasa   individu   atau  lokasi tertentu.
     Mengelola Kegiatan   Internasional
Dalam  melakukan  aktivitas   pemasaran  internasional  terdapat   dalam  tiga cara:
1.         Departemen  Ekspor
Perusahaan  terjun ke   pemasaran   internasional   hanya   melalui   pengiriman barang. Jika  penjualan internasionalnya   berkembang, perusahaan membentuk  departemen  ekspor   yang   terdiri   dari   seorang  manajer  penjualan  dan   beberapa   orang asisten.
Bila penjualan   meningkat   departemen   ekspor   diperluas   menjadi  sub-sub  departemen.
2.      Divisi   Internasional
Divisi   internasional  diorganisasikan  dengan   berbagai   cara.  Staf   divisi   internasional perusahaan   terdiri   dari   para   spesialis  dalam   pemasaran, manufaktur, riset, keuangan, perencanaan, dan   sumber  daya   manusia, mereka   merencanakan serta  menyediakan pelayanan    bagi   berbagai  unit operasi .
3.      Organisasi Global
Dalam  organisasi  global, manajemen  puncak  dan  staf  perusahaan  merencanakan fasilitas manufaktur, kebijakan  pemasaran, arus   finansial, dan   sistem  logistik   di  seluruh  dunia.
Unit-unit    operasi  global   melapor  langsung  kepada   kepala   eksekutif   atau   komisi eksekutif   yang  dilatih  untuk  berpikir   dengan   membentuk   wawasan  secara global.
E       Mengamati   Lingkungan   Pemasaran  Global
Sebelum memutuskan apakah  akan beroperasi  secara  internasional, perusahaan harus   memahami lingkungan  pemasaran  internasional.
Lingkungan  ini  telah  banyak berubah dalam dua  dekade terakhir, menciptakan  peluang  baru  dan  masalah  baru.
A. Sistem  Perdagangan  Internasional
B.     Zona   perdagangan   bebas   regional
C.    Lingkungan   ekonomi
D.  Lingkungan   politik -hukum
Imbal  dagang : perdagangan  internasional  yang  melibatkan  pertukaran barang   secara   langsung   maupun  tidak   langsung  untuk   barang  lain  sebagai   ganti uang tunai.

F       Memutuskan   Apakah   Akan    Memasuki   Pasar   Global
Tidak   semua   perusahaan   harus   bergabung   ke   pasar   internasional   agar  tetap hidup. Misalnya, sebagian   besar   bisnis  lokal   hanya   perlu   memasarkan  dengan   baik di pasar  lokal. Beroperasi  secara  domestic   lebih mudah  dan aman.
G      Memutuskan  Pasar   Mana  yang  Akan  Dimasuki
Sebelum memasuki pasar global, perusahaan   harus   berusaha   mendefinisikan tujuan   dan   kebijakan  pemasaran   internasionalnya.
Perusahaan  harus   memutuskan  volume   penjualan   asing   yang   mereka  inginkan. Sebagian  besar  perusahaan  adalah perusahaan  kecil ketika  mereka  mulai  memasuki   pasar   global.

H      Memutuskan  Cara   Memasuki  Pasar
Setelah   perusahaan   memutuskan   untuk   menjual  produknya   di pasar  luar negeri, perusahaan   harus   menentukan   cara   masuk   terbaik. Pilihannya   adalah mengekspor, joint  venture, dan   investasi  langsung.
 Beberapa  pilihan   yang  ditawarkan masing-masing  pintu   masuk  tersebut. Masing-masing strategi  sukses   melibatkan  lebih banyak   komitmen  dan   risiko, tetapi   juga   kendali dan   potensi   laba  yang  lebih  besar.
Mengekspor
Mengekspor  adalah   memasuki   pasar   asing  dengan   menjual  barang  yang   dihasilkan di  negara   asal   perusahaan, sering  kali  dengan   sedikit  modifikasi.
Joint  Venture
Joint  venture  adalah  memasuki  pasar   asing  dengan  bergabung  bersama perusahaan  asing   untuk  menghasilkan atau  memasarkan  produk  atau  jasa
Pemberian  Lisensi
Pemberian lisensi  adalah metode  memasuki  pasar  asing  di mana   perusahaan menjalin   suatu   kesempatan  dengan  pembeli  lisensi  di pasar asing.
Kontrak  Manufaktur
Kontrak   manufaktur  adalah  sebuah   joint  venture  dimana  perusahaan mengadakan  kontrak   dengan   pihak   manufaktir   di   pasar   asing  untuk  memproduksi produk   atau   menyediakan  jasanya
Kontrak  Manajemen
Kontrak   manajemen   adalah   sebuah   joint  venture   dimana   perusahaan   domestic   memasok   pengetahuan   manajemen   kepada   perusahaan   asing   yang memberi modal.
  Kepemilikan  Bersama
Kepemilikan  bersama   adalah   sebuah   joint  venture  dimana   perusahaan bergabung   dengan   investor  di   pasar  asing   untuk   menciptakan  bisnis  lokal  di mana perusahaan   berbagi  kepemilikan  dan   kendali   bersama.
   Investasi   Langsung
Investasi   langsung adalah   memasuki  pasar  asing  dengan   mengembangkan fasilitas   perakitan  atau   manufaktur  berpusat  di  luar negeri.


I         Memutuskan   Program   Pemasaran  Global
Bauran   pemasaran  terstandarisasi   adalah   strategi   pemasaran  internasional  yang pada dasarnya   menggunakan  produk , iklan , saluran distribusi, dan  elemen  bauran pemasaran  lain   yang  sama  dalam   semua   pasar  internasional  perusahaan.
Bauran  pemasaran  teradaptasi  adalah   strategi   pemasaran   internasional  untuk menyesuaikan  elemen   bauran   pemasaran  terhadap   masing-masing  pasar  sasaran internasional   menanggung   lebih  banyak   biaya  tetapi   berharap   mendapatkan  pangsa pasar  dan   tingkat  pengembalian  yang  lebih besar.
Perluasan  produk    langsung  adalah   memasarkan   produk  di   pasar  asing   tanpa melakukan  perubahan. Adaptasi  produk   adalah  menyesuaikan  produk   untuk   memenuhi  kondisi  atau   keinginan  local   di  pasar  asing. Penemuan  produk  adalah menciptakan  produk  atau   jasa  baru  bagi  pasar  asing.
Adaptasi   komunikasi adalah   strategi  komunikasi  global  dari   pesan  iklan  yang diadaptasikan   secara  penuh  terhadap   pasar  lokal.
Beberapa  perusahaan  menstandarkan  iklan   mereka  di  seluruh dunia, dengan hanya   menyesuaikan  diri   menurut  perbedaan  budaya.
 Guy   Laroche   menggunakan  iklan  yang   sama   di   Eropa  dan   negara-negara  Arab, tetapi  mengubah  sensualitas dalam   versi  Arab  si  pria  mengenakan  pakaian   dan  si  wanita   hanya   menyentuhnya sedikit saja.
Pandangan  seluruh  saluran  adalah  merancang  saluran  internasional  yang memperhitungkan   semua  hubungan  yang  diperlukan  dalam   mendistribusikan  produk penjual  ke  pembeli  akhir, meliputi  organisasi  kantor  pusat  penjual, saluran  antar negara, dan   saluran  dalam  Negara.











                                                                      BAB III
PENUTUP

A.      KESIMPULAN
Pemasaran  global   adalah   proses   menfokuskan  sumber  daya  (manusia, uang, aset fisik) dan tujuan-tujuan  dari  suatu  organisasi  untuk   memperoleh  kesempatan  dan menanggapi  ancaman   pasar  global.
Beberapa  hal  yang   harus  diperhatikan  dalam   memasuki  dunia  pasar  global yaitu, memutuskan  untuk  berekspansi  ke  luar  negeri, memutuskan  pasar  mana  yang akan dimasuki (berapa banyak pasar yang akan dimasuki, dan bagaimana pasar negara  maju  versus  pasar  negara  berkembang), dan   mengevaluasi  pasar  potensial.
Dalam   ajang  pemasaran  global   setidaknya   ada   empat   isu   sentral   yang  patut mendapatkan pusat perhatian serius  dari   pemasar, yaitu   standarisasi   versus  adaptasi, sensitivitas  kultural, nasionalisme, dan  mode of  entry (strategi   memasuki   pasar  luar negeri).
Kebutuhan, keinginan, dan  permintaan, produk, nilai, biaya dan kepuasan, pertukaran,transaksi dan hubungan, pasar, pemasaran dan  pemasar.
Segmentasi  pasar  global dibagi   dalam   beberapa  segmen, yaitu pemasaran massal (mass marketing), pemasaran  segmen, pemasaran  ceruk, dan  pemasaran  mikro.












                                                       


DAFTAR PUSTAKA

               Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. Manajemen Pemasaran Edisi Tiga Belas. Jakarta:  Erlangga. 2008.
               Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra. Pemasaran Strategik Edisi 2. Yogyakarta: Penerbit   Andi. 2012
http://adiputra11111.blogspot.com/2011/12/makalah-konsep-pemasaran-global.html
















Tugas  ketiga  artikel
MENGENAL   MANFAAT   LIDAH   BUAYA, TIDAK  HANYA   UNTUK   KULIT SAJA
Lidah   buaya   atau   Aloe  vera   sangat   popular   sejak   dulu   karena   dikenal  memiliki banyak   manfaat. Mulai  dari   untuk   kesehatan   rambut, kulit  hingga  sistem  pencernaan.
Lidah   buaya   merupakan  tanaman   yang   tumbuh   didaerah  beriklim  tropis. Aloe barbadensis   merupakan  nama   latin  dari   lidah buaya.
Lidah   buaya   memiliki dua lapisan  yaitu   latex   yang  merupakan  lapisan  berwarna kuning dibawah kulit dan gel yang berada dibagian dalam.
Sebagai obat, lidah buaya dapat dikonsumsi dengan cara diminum.
Lidah   buaya  memiliki   kandungan   nutrisi   dan   senyawa  bioaktif  yang  bermacam-macam. Berikut  adalah  kandungannya:
Vitamin  dan  antioksidan: vitamin  A, vitamin  C, vitamin  E, vitamin B12, asam folat dan kolin
Enzim: aliiase, alkalin fosfat, amilase, bradikinase, karboksipeptida, katalase, selulase, lipase dan peroksidase. Bradikinase  membantu   meredakan   peradangan   jika   lidah  buaya dioleskan  pada  kulit.
Mineral: kalsium, tembaga, selenium, kromium, mangan, magnesium, kalium, natrium, dan zinc.
12   anthraquinones  atau   kandungan  yang   dapat   bekerja   sebagai   pencahar: aloin dan emodin. Kedua  kandungan   tersebut   juga  dapat   berperan   sebagai   pereda  nyeri, anti bakteri dan anti virus.
Asam  lemak: kolesterol, kampesterol, beta-sisosterol  dan   lupeol. Keempat   kandungan tersebut   dapat   bekerja  sebagai  antiradang  dan   lupeol   juga   berfungsi  sebagai antiseptic   dan   pereda  nyeri.
Hormone: auxins  dan   gibberellins. Memperbaiki   luka   dan   meredakan  radang  adalah fungsi   dari   kandungan   hormone   pada   lidah   buaya.
Gula: monosakarida  (glukosa  dan   fruktosa) dan  polisakarida. Kandungan   gula  pada lidah   buaya   berperan  sebagai  anti-alergi  dan   pereda  radang.
Beberapa  penelitian  dilakukan  untuk   mengetahui   manfaat  yang   terkandung  dalam lidah buaya. Berikut  beberapa  manfaat  yang  sudah  terbukti  pada penelitian:
A.    Meredakan Jerawat :
Penelitian   menunjukkan  bahwa  mengoleskan  gel  lidah   buaya  pada  pagi dan   sore  selain  obat   anti  jerawat  lebih  efektif   membantu mengurangi jerawat   sekitar  35%   pada   anak-anak  dan   orang  dewasa  daripada  hanya menggunakan  obat  anti  jerawat saja.
B.     Meredakan luka bakar atau   luka  sayatan :
Mengoleskan gel lidah buaya   dapat   memperpendek   durasi  penyembuhan  luka  untuk luka  bakar   tingkat   pertama   dan  kedua.
Gel  lidah   buaya   juga   dapat  mempercepat penyembuhan   luka   karena  jatuh   atau  sayatan.
C.     Meredakan  Psoriasis  :
Psoriasis  merupakan   gangguan   pada   kulit   yang   menyebabkan   muncul ruang  pada kulit, kulit  bersisik, dan   menebal. Mengoleskan  krim  yang mengandung   ekstrak  lidah   buaya   dapat   membantu   meredakan kemerahan, mengurangi   timbulnya sisik, gatal  dan   peradangan   yang   disebabkan oleh psoriasis  ringan hingga  sedang. Penggunaan   secara   rutin dapat meningkatkan  perbaikan  kulit.
D.    Mengatasi  Konstipasi atau  Sembelit :
Mengkonsumsi  jus   lidah   buaya  dapat   membantu  meningkatkan  kadar air di usus. Penelitian  telah  menunjukkan   hubungan   antara  peningkatan kadar  air   usus   dan   stimulasi   gerakan   peristaltic  yang dapat membantu  buang   air  besar   secara normal. Lidah   buaya   juga membantu   menjaga   bakteri  usus  tetap   normal  dan  menjaga keseimbangan  flora  normal   pada usus

E.     Meredakan  asam  lambung  :
Mengkonsumsi  jus  lidah  buaya   dapat   membantu   meredakan  sensasi dada  terbakar   karena   peningkatan   asam  lambung. Kandungan  yang terdapat   dalam  lidah   buaya   membantu  mengendalikan   asam   lambung.
F.      Menurunkan  Kadar  Gula   Darah  :
Menurut   sebuah   penelitian   menunjukkan   bahwa  lidah   buaya   dapat   membantu menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes mellitus tipe 2. Namun  penderita diabetes  perlu  hati-hati   karena   konsumsi   jus   lidah   buaya   dan   obat  antidiabetes dapat   menurunkan   jumlah   kadar   gula   sangat  banyak.
Apakah   Lidah  Buaya  Aman  Digunakan?
Gel  lidah   buaya  aman  dioleskan  pada  kulit. Dosis  lidah  buaya  yang  tepat  juga  aman untuk  dikonsumsi   langsung. Bagian  latek pada  lidah   buaya   tidak   aman  jika akan dikonsumsi   langsung   karena   kemungkinan   berada   dalam   dosisi   yang tinggi.

Sumber:
Draxe. (2015, 24 Juni). Aloe Vera benefits: Heal Skin, Constipation and Immune Sytem. Diperoleh 16 Oktober 2018 dari: https://draxe.com/aloe-vera-benefits/
Healthline. (2016, 08 Juli). 9 Healthline Benefits of Drinking Aloe Vera Juice. Diperoleh16 Oktober 2018 dari: https://www.healthline.com/health/food-nutrition/aloe-vera-juice-benefits
Healthline. (2016, 06 September). 7 Amazing Uses for Aloe Vera. Diperoleh 16 Oktober 2018 dari: https://www.healthline.com/health/7-amazing-uses-aloe-vera

Tidak ada komentar:

Posting Komentar