Kamis, 14 Januari 2016

DASAR PEMASARAN

·        Saluran Pemasaran dan Jaringan Nilai 
 Saluran pemasaran ( marketing channels ) merupakan sekelompok organisasi yang saling bergantung, mempunyai beragam fungsi serta terlibat dalam pembuatan produk atau jasa yang disediakan untuk digunakan atau dikonsumsi.
Sebagian besar produsen membutuhkan saluran pemasaran guna menjual produk atau jasanya sampai ke pengguna akhir.

·        Peran Saluran Pemasaran
     Produsen dapat memperoleh keuntungan dengan menggunakan perantara adalah sebagai berikut :
1.      Banyak produsen tidak memiliki sumber daya keuangan untuk melakukan pemasaran langsung.
2.      Para produsen yang memang mendirikan saluranna sendiri sering dapat memperoleh laba yang lebih besar dengan meningkatkan investasinya dalam bisnis utamanya.
3.      Dalam beberapa kasus, pemasaran langsung sama sekali tidak dapat dilakukan.
4.      Perantara biasanya mencapai efisiensi yang lebih tinggi dalam menyediakan barang secara luas dan memungkinkanya terjangkau pasar sasaran.

·        Keputusan Rancangan Saluran
   Merancang sebuah system saluran mencakup sebagai berikut:
•           Menganalisis kebutuhuan pelanggan
•           Menetapkan Tujuan Saluran
•           Mengidentifikasi Alternative Saluran Utama

·        Keputusan Manajemen Saluran
     Setelah perusahaan memilih alternative saluran, masing – masing perantara harus dipilih, dilatih, dimotivasi dan dieveluasi.  Susunan harus diubah dari waktu ke waktu.
1.         Memilih Anggota Saluran
            2.         Melatih Anggota Saluran
Perusahaan-perusahaan perlu merencanakan dan mengimplementasikan
program pelatihan yang cermat bagi perantara mereka.
            3.         Memotivasi Anggota Saluran
4.         Mengevaluasi Anggota Saluran
                        Secara berkala, produsen harus mengevaluasi kinerja perantara berdasarkan
                        standar seperti pencapaian kuota penjualan, tingkat persediaan rata-rata waktu              
                        pengiriman kepada pelanggan, penanganan barang rusak dan hilang, dan kerja
                        sama dalam program promosi dan pelatihan.
              5.       Mengubah Susunan Saluran

·        Sistem dan Integrasi Saluran
1.       Sistem Pemasaran Vertikal
    Sistem pemasaran vertikal terdiri atas produsen, pedagang besar, dan pengecer yang bertindak sebagai sistem yang menyatu. Pemimpin saluran, memiliki anggota lainnya atau memberikan hak waralaba terhadap mereka atau memiliki kekuatan yang begitu besar sehingga mereka semua bekerjasama.

2.      Sistem Pemasaran Horisontal
    Dua atau beberapa perusahaan yang tidak berhubungan menggabungkan sumber daya atau program untuk memanfaatkan peluang pemasaran yang sedang berkembang

3.      Sistem Pemsaran Multi Saluran
    Terjadi apabila satu perusahaan menggunakan dua atau lebih saluran pemasaran untuk menjangkau satu atau beberapa segmen pelanggan.

·        Konflik, Kerjasama, dan Persaingan
Jenis Konflik dan Persaingan:
1.      Konflik Saluran Vertikal.
Konflik antara tingkat-tingkat yang berbeda dalam saluran yang sama.

2.      Konflik Saluran Horisontal
Konflik antara anggota-anggota pada tingkat yang sama dalam saluran tersebut.

3.      Konflik Multi Saluran
Terjadi apabila produsen tersebut menciptakan dua atau lebih saluran yang melakukan penjualan ke pasar yang sama.

v  Penyebab Konflik Saluran :
      Penting diidentifikasi penyebab konflik saluran karena ada yang mudah diselesaikan dan ada yang tidak. Penyebab konflik saluran adalah sebagai berikut:
-          Ketidaksesuaian tujuan
-          Peran dan hak yang tidak jelas
-          Perbedaan persepsi
-          Ketergantungan perantara tersebut pada produsen

·        Praktik Pemasaran E-Commerce
a)      E-Business: menggambarkan penggunaan sarana elektronik dan platform untuk melakukan bisnis perusahaan.
b)      E-Commerce: Perusahaan atau situs menawarkan untuk melakukan transaksi atau memudahkan penjualan produk dan jasa secara online.
c)      E-Purchasing: Perusahaan memutuskan untuk membeli barang, jasa dan informasi dari berbagai pemasok online.
d)     E-Marketing: Menggambarkan perusahaan berusaha untuk menginformasikan kepada pembeli, mengkomunikasikan, mempromosikan, dan menjual produk dan jasanya lewat internet.
1.      Perusahaan Klik Murni (pure click)
Perusahaan yang telah meluncurkan situs web tanpa eksistensi perusahaan apapun sebelumnya.
2.      Perusahaan Nyata sekaligus klik (Brick and Click) 
Perusahaan yang sudah ada yang menambahkan situs online untuk informasi dan atau e-commerce.

·        Eceran
   Salah satu cara pemasaran produk meliputi semua aktivitas yang melibatkan penjualan barang secara langsung ke konsumen akhir untuk penggunaan pribadi dan bukan bisnis. Organisasi ataupun seseorang yang menjalankan bisnis ini disebut pula sebagai pengecer. Pada prakteknya pengecer melakukan pembelian barang ataupun produk dalam jumlah besar dari produsen, ataupun pengimport baik secara langsung ataupun melalui grosir, untuk kemudian dijual kembali dalam jumlah kecil.
Ø  Jenis penjual eceran :
a)      Produk makanan.
b)      Peranti keras - perabot rumah tangga, elektronik konsumen, mebel (furnitur), dan alat olahraga.
c)      Peranti biasa atau peranti konsumsi - pakaian dan barang tenunan lainnya.

·        Label Privat
      Label Privat = Persaingan bisnis saat ini sangat kompetitif dimana merek produk tidak hanya bersaing dengan merek produsen lain, tetapi juga bersaing dengan
produk tanpa merek (generik) dan produk private label. Khusus produk private label, perkembangannya akhir-akhir ini sangat cepat sehingga bisa menggeser kekuatan produsen ke retailer. Hal ini dilakukan oleh para retailer sebagai strategi untuk memperkuat loyalitas konsumen terhadap toko dan untuk mendapatkan margin keuntungan dari konsumen yang sensitif terhadap harga.

·        Perdagangan Besar
    Perdagangan besar ialah segala aktivitas marketing yang menggerakkan barang-barang dari produsen ke pedagang eceran atau ke lembaga-lembaga marketing lainnya. Jika kita lihat dari proses marketing yang meliputi konsentrasi, equasi, dan distribusi, maka proses pengumpulan dan pengembangan (konsentrasi dan equasi dilakukan oleh perdagangan besar), sebagai berikut :
    Artinya barang-barang yang akan dipasarkan akan dikumpulkan terlebih dulu, seperti para tengkulak/perantara atau KUD, Dolog yang mengumpulkan beras atau padi dari petani. Kemudian mencari informasi daerah yang memerlukannya, berapa dan kapan diperlukannya, ini disebut proses equasi. Akhirnya terjadi proses distribusi yaitu beras dikirim menurut jumlah dan kualitas sesuai dengan informasi yang telah dikumpulkan.

·        Logistik Pasar
    Logistik Pasar mencakup perencanaan infrastruktur guna memenuhi permintaan, kemudian mengimplementasikan dan mengontrol aliran fisik bahan dan barang-barang jadi dari titik asalnya ke titik penggunaan, untuk memenuhi tuntutan pelanggan atas laba.
     Perencanaan Logistik pasar, ada 4 alangkah :
-          Memutuskan masalah nilai perusahaan tersebut kepada pelanggan2nya
-          Memutuskan rancangan saluran terbaik dan strategi jaringan untuk menjangkau pelanggan
-          Mengembangkan keunggulan operasi dalam memperkirakan penjualan, manajemen pergudangan, manajemen transportasi dan manajemen bahan

-          Mengimplementasikan jalan keluar dengan sisitem informasi, peralatan, kebijakan dan prosedur terbaik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar